Cara Mudah dan Cepat Memperbaiki Kompor Gas



Kompor gas saat ini sudah mulai di gemari oleh para ibu-ibu untuk memasak di kesehariannya. Selain harganya cukup terjangkau namun penggunaannya pun cukup mudah, anda cukup memasang memasang selang regulator kompor gas ke tabung gas maka seketika kompos gas pun bisa dinyalakan. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki kompor gas apinya merah dan terkadang api nyalanya kecil. Service yang saya lakukan ini adalah pada kompor gas rinnai.

Namun sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui dulu nama-nama spare part kompor gas rinnai.

Cara Mudah dan Cepat Memperbaiki Kompor Gas

Nama-nama Spare Part Kompor Gas

Baiklah dibawah ini beberapa nama spare part kompor gas secara umum :

1. Spiral dan Selang Kompor
Spiral dan selang kompor termasuk komponen yang berfungsi menyalurkan gas pada tabung menuju kompor. Umumnya spare part yang satu ini paling sering rusak sebab digigit tikus atau tertekuk.

2. Burner
Komponen yang satu ini berperan sebagai tempat untuk keluarnya api umumnya bulat dan terdapat lubang-lubang api di dalamnya.

3. Body Burner
Komponen yang satu ini berperan sebagai tempat untuk menaruh Burner untuk keluarnya api yang bentuknya agak panjang.

4. Regulator Gas
Komponen paling penting lainnya dari kompor gas yaitu regulator gas untuk mengatur aliran pada gas, umumnya yang paling laris yaitu yang dilengkapi oleh meteran untuk mengukur isi gas.

5. Tungku Penyangga
Termasuk spare part kompor gas dengan peran menyangga peralatan masak, contohnya untuk menyangga wajan atau panci.

6. Knop Kompor
Termasuk sparepart kompor yang berfungsi menyalakan api. Biasanya spare part ini seringkali mengalami kerusakan akibat patah di bagian ulirnya.

Penyebab Kompor Gas Bermasalah
Sebelum memperbaiki atau mengganti spare part kompor gas, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebab kenapa kompor gas nyala apinya kecil dan terkadang nyala merah. Baca: Tips Mudah Memilih Tabung Gas Elpiji yang Bagus

Penyebab yang umum terjadi dan yang perlu di periksa adalah :
  1. Periksa tabung gas apakah isi gas nya masih dalam keadaan penuh, bila masih penuh dan nyala kompor gas masih bermasalah coba gunakan tabung gas yang lain dalam keadaan full lalu lihat hasilnya.
  2. Cek selang regulator apakah ada yang sumbat atau mungkin bocor, pastikan semua lancar-lancar saja.
Bila kedua hal tersebut baik baik saja, maka diperlukan tindakan lebih lanjut yang membuka spare part kompor gas yang kita anggap bermasalah.

Cara Memperbaiki Kompor Gas Bermasalah
Langkah awal, lepas selang tabung regulator dari tabung gas untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Cara Mudah dan Cepat Memperbaiki Kompor Gas

Seperti gambar diatas, coba lepas burner (1) dan body burner (2) lalu bersihkan sampai sekiranya tidak ada kotoran yang menempel.

Untuk membuka burner cukup ambil saja dengan tangan (pastikan dalam keadaan dingin), dan untuk melepas body burner lepas terlebih dahulu kawat pengancing dengan menggunakan obeng pipih kecil dipastikan cukup mudah untuk melepasnya.

Wajib baca: Syarat Menjadi Agen Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Selanjut anda bisa membuka knop gas bagian dalam yang berfungsi mengeluarkan gas (lingkaran merah). Silahkan buka dengan kunci ring kecil, dan buka secara perlahan-lahan. Silahkan bersihkan dan bisa juga ditiup-tiup sehingga dipastikan tidak ada kotoran yang menyumbat.

Bila sudah dilakukan, silahkan pasang kembali seperti semula. Dan silahkan coba nyalakan kompor gas, sampai disini semestinya kompor gas bisa menyala normal kembali.


1 komentar:

  1. Terima kasih info cara memperbaiki kompor gasnya, nyala api tidak biru memang biasanya dari burner yang kotor dan juga mungkin dari selang regulatornya tertekuk. Nice info
    Haikal http://www.caraperbaiki.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.