Pengalaman Memperbaiki Charger Laptop yang Rusak



Memperbaiki Charger Laptop - Pada artikel kali ini saya berbagi pengalaman bagaimana cara memperbaiki charger laptop yang sering putus nyambung alias ngadat. Charger laptop isinya berupa rangkaian elektronika yang bekerja dengan mengubah arus AC menjadi DC dan ini biasanya juga disebut dengan Adaptor.

Khusus charger ada banyak penyebab kenapa charger laptop tidak bisa berfungsi alias rusak. Dari isi kabel yang putus, colokan adaptor yang rusak sampai dengan adaptor yang terbakar karena penggunaan diluar dari semestinya.


Namun demikian ada pula charger laptop tergadang bisa digunakan terkadang tidak (putus sambung). Bila anda mengalami kejadian seperti ini jangan lekas-lekas untuk membeli charger yang baru tapi coba cek terlebih dahulu apakah masih bisa diperbaiki.

Seperti hal diatas, charger laptop saya mengalami hal yang serupa. Pengisian baterai ke laptop sering ngadat alias sering putus nyambung. Hal yang perlu dilakukan sebelum saya benar-benar harus membeli yang baru saya melakukan dan mencari tahu kerusakan charger tersebut.

Dan bila anda mengalami hal yang serupa yakni charger sering ngadat, dibawah ini yang patut anda lakukan sebelum membeli charger yang baru :
  1. Pastikan Kabel dari listrik ke adaptor dalam keadaan bagus, biasanya kabel tersebut copotan antara adaptor dan ke listrik AC. Cara nya gunakan Multimeter untuk mengecek apakah ada isi kabel yang putus, jika tidak ada lanjutkankan ke step berikutnya.
  2. Periksa kabel dari adaptor ke colokan yang di laptop, sama seperti point no.1 lakukan hal yang sama. Dari beberapa jenis charger kabel yang menghubungkan dari adaptor ke laptop tidak copotan seperti hal nya kabel dari arus listrik ke adaptop. Sehingga ada dua alternif yang bisa dilakukan yaitu memotong kabel tersebut atau membuka kotak adaptor lalu melepas solder kabel pada adaptor tersebut.

  1. Bila ditemukan bahwa kabel yang dari adaptor ke colokan laptop yang bermasalah, cari dimana sekiranya isi kabel yang putus. Pada kasus yang saya alami adalah setelah saya cek dengan avometer ternyata isi kabel putus di dekat colokan ke laptop sehingga saya men solder kembali dari situ.
  1. Setelah disolder, lanjutkan dengan membungkus kabel dengan isolatif listrik atau kalo mau lebih bagus lagi dibungkus dulu dengan "selang bakar" sehingga benar-benar terbungkus dengan rapi.
  2. Dan terakhir beri setuhan pegikat nylon clip agar benar-benar terlihat bagus dan kuat.

Artikel terkait: Memperbaiki Charger DVD Portable (GMC) Yang Tidak Mau Mengisi Daya


Nah, akhirnya laptop bisa di charger kembali dengan menggunakan charger yang sering ngadat. Sekian, singkat semoga membawa manfaat!.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.