Inilah Perbedaan Antara Speaker Subwoofer dan Woofer



Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi tentang apa itu speaker subwoofer dan woofer dimana dua perangkat tersebut adalah bagian dari penguat suara atau speaker. SubWoofer adalah sistem speaker bass yang bisa menghasilkan frekuensi audio lebih rendah dari woofer dengan menambahkan amplifier low pass filter, maka cara ini juga bisa disebut bagaimana cara membuat speaker woofer menjadi subwoofer. Baca: Inilah Bagian-Bagian Audio Amplifier Beserta Fungsinya

Bila diliat sekilas sepertinya Speaker Woofer dan Subwoofer merupakan hal yang sama sepertihalnya speaker biasa. Padahal jika kita cari tahu lebih dalam bahwa dua benda tersebut memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda. Ini bisa dilihat pada awal pengembangannya, Subwoofer dibuat untuk satu atau lebih transduser pengeras suara dalam sebuah kabinet pengeras suara yang mampu menahan tekanan udara saat melawan deformasi.


Masing-masing jenis speaker tersebut memiliki berbagai macam karakteristik dan perbedaan. Seperti yang kami kutip dari berbagai sumber berikut ini perbedaan speaker Woofer dengan speaker Subwoofer :
  • Dengan keterangan kata Sub, berarti speaker tersebut harus mampu menghandle nada dibawah bass.
  • Speaker bass bisa memakai speaker dengan pinggiran konesnya tanpa karet.
  • Kinerja semua speaker (Tweeter, Middle, Woofer maupun Subwoofer) sangat tergantung dari sumber sinyal dan Pre Amp dan Power Ampli nya. Jadi kalau tidak didukung oleh ketiga faktor tersebut, ya tidak akan menghasilkan nada yang baik (tone control).
  • Speaker Subwoofer, memakai pinggiran kones dengan karet, agar pergerakan kones nya lebih flexible.
  • Seperti Ampli pada mobil, keluarannya adalah 4 ohm, sedangkan ampli rumahan umumnya 8 ohm, namun ada juga yg 16 ohm. Jadi sesuaikan speaker dengan amplinya.
  • Mengenai Ohm nya, 100% tergantung dari Output Amplifier nya
Artikel terkait:
Speaker Subwoofer yang bagus sangat cocok digunakan untuk home teater, karena mampu menampilkan karakter suara rekaman studio aslinya misalnya suara gemuruh, ledakkan dan lain-lain sehingga serasa lebih hidup. Sementara itu untuk harga speaker woofer sangat beragam, tentu mahal atau murahnya semuanya tergantung dari rakitan amplifeir dan juga merk speaker yang digunakan.

Demikian sedikit informasi mengenai perbedaan speaker woofer dan subwoofer.

Referensi:
http://www.bjgp-rizal.com/2012/08/perbedaan-speaker-woofer-dan-subwoofer.html


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.