Macam-Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Sebelum memilih paket asuransi penting untuk kita ketahui apa saja jenis-jenis asuransi serta apa saja manfaat yang akan kita dapatkan kelak apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sekedar diketahui bahwa Asuransi adalah badan keuangan non Bank sebagai lembaga untuk investasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang membayar segala resiko atau ganti rugi sesuai perjanjian. Untuk itu asuransi bisa dijadikan sebagai alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga.

Asuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Asuransi akan menemukan antara pihak Badan ( pihak perusahaan asuransi ) dan nasabah untuk mendapat polis dari jenis asuransi yang di ikuti sebagai tertanggung (pemegang polis) yang sudah ada kesepakatan tertulis antara pempol dan perusahaan asuransi yang terdiri seperti lama kontrak asuransi, jenis asuransi yang dipilih, pembayaran premi serta manfaat yang diterima. Asuransi juga ada dikelompokkan berdasarkan divisi seperti asuransi perorangan, asuransi syariah dan asuransi kumpulan yang tentu mempunyai fungsi dan market masing-masing.
Baiklah!... Jika Anda ada niatan untuk untuk membeli asuransi jiwa, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang ada di indonesia agar benar-benar bisa membeli produk asuransi yang tepat. Saat ini di indonesia beragam macam jenis produk asuransi yang ada. Untuk mengetahuinya mari kita bahas nama-nama atau Macam-Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia.

Macam-Macam Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia.

1. Asuransi Jiwa
Asuaransi jiwa adalah salah satu proteksi yang menitikberatkan tentang jiwa nasabahnya dari kematian, Jenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja.

Ada juga beberapa perusahaan asuransi dikenal dimana seseorang dapat membeli asuransi jiwa pada kehidupan sendiri untuk kepentingan orang ketiga. seseorang Individu bahkan dapat membeli asuransi jiwa pada kehidupan orang lain. Misalnya, seorang istri dapat membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian suaminya. kemudian orang tua mengasuransikan diri terhadap kematian anak. atau pun sebaliknya orangtua membeli asuransi untuk anaknya dan umumnya asuransi jiwa menawarkan keuntungan finasial yang diberikan pada ahli waris peserta asuransi.

2. Asuransi Kesehatan
Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat permanen, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

3. Asuransi Kendaraan (Motor dan Mobil)
Asuransi kendaraan ini sangat bermanfaat untuk kepemilikan kendaran seperti mobil dan motor, yaitu asuransi terhadap cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kendaraan tertanggung. Asuransi mobil juga dapat membayar untuk kehilangan, atau kerusakan, kendaraan bermotor tertanggung seperti Ganti rugi kerusakan unik body mobil seperti goresan dan kehilangan kaca spion, kehilangan tip mobil dan sebagainya.

4. Asuransi Rumah Dan Properti
Proteksi dari jenis asuransi kepemilikan rumah dan properti ini memberikan aset perlindungan semaksimal mungkin dari bahaya yang mengancam properti Anda. Dengan kata lain Asuransi rumah melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berkaitan dengan tempat tinggal mereka seperti ganti rugi ketika sebuah bagunan rumah yang di asuransikan di timpa musibah yang tidak di sengaja seperti kebakaran, sementara asuransi properti pribadi melindungi terhadap kehilangan, atau kerusakan, barang-barang tertentu milik pribadi.

5. Asuransi Pendidikan
Asuransi ini yang paling polpuler dan banyak diminati karena berhubungan dengan pendidikan anak. Saya sendiri saja memiliki polis jenis asuransi pendidikan. Dengan mengikuti asuransi jenis ini kita sebagai orang tua membayar sejumlah premi secara bulanan, triwulan, semester atau tahunan yang manfaatnya nanti setiap anak memasuki jejang sekolah dari TK ke SD, SD ke SMP, SMP ke SMA, SMA ke Universitas akan mendapatkan dana beasiswa untuk anak kita. Asuransi ini lebih dikenal dengan sebutan Asuransi Beasiswa Berencana.

6. Asuransi Kredit
Asuransi kredit biasanya hubungannya antara pihak bank atau lembaga keuangan lainnya dengan pihak debitur dalam hal pinjaman kredit. Asuransi Kerdit memberikan proteksi kepada pihak Bank atau lembaga keuangan dalam resiko kegagalan debitur untuk melunasi sejumlah uang yang di pinjam nasabah maka asuransi ini memberikan pengarahan dan perlindungan terhadap Bank untuk keamanan perkreditan maka nasabah tak akan dapat kembali mendapatkan uang pinjaman karena macet. Selaku penyalur perkreditan di pegang oleh PT Asuransi Kredit Indonesia.

7. Asuransi Umum
Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis diantaranya Jaminan Sosial dan Asuransi Sukarela.

8. Asuransi Kelautan
Asuransi kelautan ini dikhususkan untuk para pengangkut dan pemilik kargo. Fungsi asuransi kelautan biasanya sebagai salah satu bentuk proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Dalam asuransi ini resiko sangat di utamankan karena lintas lautan dalam pelayaran perkapalan mungkin saja ada kecelakaan penumpang kapal, kerusakan barang waktu pengiriman, kerusakan kapal maka ada perlindungan yang tetap di terima oleh pemilik polis.

9. Asuransi Bisnis
Jenis asuransi bisnis adalah salah satu layanan dari asuransi yang memberi proteksi terhadap kerugian, kehilangan, kerusakan terhadap bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan. Disamping memberikan perlindungan harta benda asuransi ini mencakup karyawan perusahaan anda seperti meningkatkan mutu kesehatan bagi karyawan.

10. Asuransi Perjalanan
Secara keseluruhan, fungsi asuransi perjalanan tak jauh beda dengan fungsi asuransi biasa sebagai salah satu bentuk proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang. Manfaat dan perlindungan yang akan didapat dari memiliki asuransi perjalanan antara lain mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia semoga artikel ini bisa membatu buat Anda ketika membutuhkan manfaat dari asuransi yang akan Anda ikuti.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar