Ayo ikut Asuransi dan inilah Manfaat Asuransi Pendidikan

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak - Setiap orang tua menginginkan masa depan yang cerah bagi anak-anak mereka, dan memberikan mereka awal yang lebih baik. Namun banyak orang tua kuatir bahwa melonjaknya biaya sekolah akan menempatkan pendidikan yang baik di luar jangkauan anak-anak mereka, dan kuatir akan masa depan anak-anaknya jika terjadi sesuatu terhadap mereka.

Asuransi pendidikan biasanya menjamin pembiayaan pendidikan anak sepenuhnya, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, terlepas dari perubahan keadaan keuangan. Sehingga memastikan anak-anak Anda secara teratur mendapatkan uang yang mereka butuhkan untuk melanjutkan pendidikan mereka. Masa depan anak-anak juga terlidungi agar mereka tetap mendapatkan dana beasiswa hingga mereka lulus, walaupun jika orang tua mereka meninggal dunia.

Dibawah ini saya akan berikan ilustrasi perhitungan dan manfaat dari Asuransi pendidikan dari Bumiputera berupa paket Mitra Beasiswa Berencana.

Contoh perhitunngan Asuransi Pendidikan.

Tn. A berusia 37 tahun dan usia anak yang akan diikutkan dalam asuransi pendidikan 2 tahun. Uang Pertanggungan yang dipilih sebesar Rp. 10.000.000,- maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

Untuk program asuransi ini, lama asuransi adalah 18 tahun dikurangi usia anak pada saat terdaftar diasuransi. Sehingga lama asuransi diatas adalah : 18 - 2 = 16 Tahun.

Selanjutnya adalah menghitung besaran premi yang dibayar sesuai pilihan kita nantinya apakah triwulan, semester, tahunan ataupun sekaligus.  Untuk menghitung jumlah premi semua berdasarkan Uang Pertanggungan, lama asuransi dan faktor pengali (aktruaria) yang telah ditetapkan asuransi.

Setelah mengetahui besaran premi, maka dapat diketahui apa dan berapa saja manfaat yang diterima oleh pemegang polis dan ahli waris.

Artikel terkait : Istilah-istilah yang terdapat pada Ausransi (Insurace)

Berikut manfaat-manfaat yang diterima :
  • Dana Kelangsungan Belajar (DKB): yang dibayarkan secara bertahap, sesuai dengan tingkat usia anak, baik Tertanggung hidup atau meninggal dunia. Sebagai perhitungannya sebagai berikut :
  • Pada saat anak usia 4 tahun (usia masuk TK) anak menerima dana sebesar 5% x Uang Pertanggungan atau 5% x Rp.10.000.000,- = Rp. 500.000,-
  • Pada saat anak usia 6 tahun (usia masuk SD) anak menerima dana sebesar 10% x Uang Pertanggungan atau 10% x Rp.10.000.000,- = Rp. 1.000.000,-
  • Pada saat anak usia 12 tahun (usia masuk SMP) anak menerima dana sebesar 20% x Uang Pertanggungan atau 10% x Rp.10.000.000,- = Rp. 2.000.000,-
  • Pada saat anak usia 15 tahun (usia masuk SMA) anak menerima dana sebesar 30% x Uang Pertanggungan atau 10% x Rp.10.000.000,- = Rp. 3.000.000,-
  • Dana Beasiswa anak, dibayarkan pada saat periode asuransi berakhir, baik tertanggung masih hidup atau meninggal dunia sebesar 40% x Rp. 10.000.000,- = Rp. 4.000.000,-
  • Klaim Habis Kontrak, Nilai Uang pertanggungan yang bisa di klaim jika tertanggung hidup sampai masa habis kontrak asuransi sebesar 100% x Rp. 10.000.000,- = RP. 10.000.000,-

Manfaat yang diterima ahliwaris bila tertanggung meninggal pada masa asuransi :
  • Dana Kelangsungan Belajar dan Dana Beasiswa anak tetap dibayarkan.
  • Santunan meninggal dunia sebesar 100% dari Uang pertanggungan.
  • Bebas premi bagi polis jika Tertanggung meninggal dunia dengan kata lain tidak membayar premi lagi sementara anak tetap menerima hak dana-dana poin pertama.
  • Pengembalian simpanan premi bagi polis saat Tertanggung meninggal dunia jia premi dibayarkan secara penuh setelah jumlah premi diperhitungkan.
  • Hak untuk mendapatkan Reversionary Bonus, jika Tertanggung meninggal dunia, penebusan polis, atau habis kontrak.

Demikian, sekilas manfaat dari asuransi pendidikan bumiputera. Semoga bermanfaat

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar