Manfaat Hati Ayam dan Kandungan Gizinya bagi Kesehatan Tubuh

Apakah ada suka sekali makan Hati Ayam? Jika Ya, baguslah tapi ingat jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Di sebagian orang tidak menyukai memakan Hati ayam. Sebetulnya banyak sekali manfaat hati ayam dan kandungan gizinya bagi kesehatan tubuh kita. Makanan ini sebenarnya adalah sumber makanan yang baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hati ayam merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral (fosfor dan zat besi), protein dan rendah akan kandungan lemaknya serta vitamin (B12, A, C, Niacin), jelas sangat dibutuhkan terutama bagi pertumbuhan Anak. Berkat mempunyai banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, hati ayam juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dibawah ini kami rangkum beberapa manfaat Hati Ayam dan kandungan gizinya bagi Kesehatan Tubuh yang layak kita ketahui bersama :

1. Kandungan Vitamin yang Tinggi

Seperti di jelaskan diatas, bahwa hati ayam sangat tinggi dengan kandungan vitamin B12, ini sangat baik guna Meningkatkan Kinerja Otak selain itu juga berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah dan DNA.

2. Kandungan Mineral yang Tinggi
Hati ayam juga merupakan sumber mineral yang sangat baik. 1 porsi hati ayam masak menyediakan zat besi sebanyak 11 miligram. Dengan makan hati ayam diyakini dapat membantu mencegah dan mengobati Anemia karena tubuh manusia memerlukan zat besi untuk membentuk sel darah merah yang digunakan untuk mengangkut oksigen sehingga menghasilkan energi yang maksimal.

3. Kandungan Zinc
AGar Sel-sel tubuh tetap terjaga, kandungan zinc yang ada di dalam hati ayam mampu membantu proses pembelahan, pertumbuhan dan perkembangan sel sehingga dapat mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru.

4. Kandungan Fosfor
Fosfor begitu erat hubungannya dengan kesehatan gigi. Kandungan fosfor pada hati ayam ternyata memiliki nilai lebih dari 40 persen dalam 1 ons penyajian. Tentu Fosfor akan membantu tubuh dalam menjaga pertumbuhan gigi dan tulang.

5. Kandungan Zat Folat
Zat folat sangat di butuhkan oleh Ibu Hamil dengan jumlah yang lebih tinggi daripada wanita biasa. Fungsi dari zat ini adalah untuk mencegah gangguan kehamilan dan kelainan pada janin. Dalam 1 ons hati ayam ternyata memiliki kandungan folat hingga lebih dari 70 persen.

6. Kandungan Zat Selenium
Hati ayam mengandung banyak zat selenium yang sangat penting untuk mendukung sistem kerja hormone tiroid. Hormon tiroid sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk ketika tubuh harus melawan racun yang masuk dari makanan atau minuman. Selenium dalam hati ayam ternyata juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker., menjaga kesehatan tulang dan mengatasi rasa lelah.

Yang Perlu diperhatikan :
Yang perlu diperhatikan adalah, karena hati mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu beberapa resiko kelebihan hati ayam adalah peningkatkan kadar vitamin A yang berlebihan dalam tubuh. Jika hal ini terjadi maka bisa menimbulkan keracunan makanan. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi hati ayam berlebihan karena bisa menyebabkan kerusakan pada organ janin.

Sumber :
dari berbagai sumber


Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar