Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Terlalu Pemalu

Anak anda sangat pemalu? bila anak anda malu-malu dengan orang yang baru dikenalnya itu adalah merupakan hal yang wajar. Tapi pada beberapa kasus, orang tua semestinya khawatir ketika anak cenderung malu-malu dengan teman sebaya atau orang yang sebetulnya sudah ia kenal. Nah pada artikel kali ini akan kita bahas bagaimana kita selaku orang tua bisa mengatasi agar anak tidak terlalu pemalu.

Misalnya anak mengeluh kesepian, dia sedih. Kemudian, rasa malu yang dialami anak membuat ia tidak mau menghadiri pesta ulang tahun anak lain atau teman di sekolahnya. Lalu, rasa malu yang membuat anak enggan mengunjungi keluarga atau temannya patut pula dicurigai.

image : thinkstock (ilustrasi)

Nah bila sudah seperti itu, orang tua bisa mencari informasi ke sekolah anak atau jika diperlukan, mintalah bantuan profesional untuk mengetahui sebab anak malu pada orang tersebut terus-menerus. Dalam keseharian, selain terus memperhatikan anak, orang tua juga bisa membantu anak untuk bisa bergabung dengan kelompok sebayanya.

Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Terlalu Pemalu

Dikatakan dosen senior Developmental Psychology di University of Melbourne, Heidi Gazelle seperti dilansir detik health, saat anak malu dengan orang yang sudah ia kenal, bisa jadi ada hal-hal yang membuat anak tak nyaman bahkan cenderung takut dengan orang itu. Apalagi ketika rasa malu itu sudah mengganggu rutinitas anak, sudah saatnya orang tua bersikap.

Berikut dibawah ini yang bisa dilakukan orang tua agar anak tidak terlalu pemalu :
  • Dorong anak untuk berinteraksi dengan anak lain atau ikutkan dia di kegiatan ekstrakurikuler. Bicarakan pula konsep persahabatan dengan anak. Ketika anak punya masalah dengan temannya, dorong ia untuk menyelesaikan masalahnya dengan cara yang baik.
  • Saat anak salah, jangan ditertawakan. Maka dari itu penting juga melalui budaya di sekolah, ditanamkan pada para murid jika ada teman yang salah untuk tidak ditertawakan. Karena, kesalahan dalam proses belajar itu lumrah.Sehingga, anak yang tadinya sudah mulai percaya diri, tidak merasa down kembali

Selain itu bagi anak yang pemalu, dengan pengalaman hidup, ia bisa jadi berani. Misalnya saja, anak sejak SD sampai SMP sangat pemalu. Tapi ketika duduk di bangku SMA, ada suatu hal yang membuat si anak mau tidak mau harus berbicara, misalnya dalam presentasi pelajaran atau lomba.

Untuk itu, orang tua juga harus menggerakkan diri, mengubah perilakunya agar ia dapat mendampingi anak berada dalam berbagai macam situasi sosial dan mendapatkan manfaat dari interaksi bersama orang lain

Demikian, artikel perihal Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Terlalu Pemalu.


Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar