Beginilah Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Gigi Sensitif - Anda pasti menyukai es krim atau juga berbagai jenis cake begitu pula seperti makanan rujak. Dari ketiga jenis makanan yang kami sebutkan tersebut tentu menghadirkan rasa enak ketika disantap. Ditambah lagi anda menyantapnya disaat waktu luang bersama keluarga, tentu sangat nikmat rasanya.

Namun ingat kadang disaat kita mengonsumsi makanan favorit tersebut, gigi akan terasa ngilu. Tak hanya makanan bersensasi dingin, dan asam saja. Saat menggigit makanan yang panas pun tak sanggup karena gigi terasa ngilu. Tandanya, gigi Anda mengalami kerusakan yang disebut dengan gigi sensitif.

Apa Penyebab Gigi Sensitif.
Penyebab dari gigi sensitif banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah menurunnya gusi gigi, atau menipisnya email gigi (lapisan luar gigi) yang membuat dentin terbuka. Selain itu pula terkadang karang gigi atau kalkulus yang menumpuk di daerah leher gigi juga akan menyebabkan gusi turun di mana bisa menjadi penyebab gigi sensitif, sehingga kita perlu bagaimana Cara Menggosok Gigi Yang Benar.

image : detikcom

Nah, bila anda mengalami gigi ngilu disaat menyantap beberapa hindangan termasuk makanan yang kami sebutkan diatas, maka dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari situs CNN Indonesia berikut ini :

Sikat gigi dua kali sehari
Merawat gigi Anda dengan menyikat gigi secara teratur adalah cara mengatasi gigi ngilu yang tepat. Sebaiknya Anda menyikat gigi dua kali sehari. Masih banyak orang yang menyikat gigi di waktu yang tidak tepat. Biasanya orang menyikat gigi saat mandi, padahal waktu yang tepat untuk sikat gigi yakni setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

Sikat gigi selama 2 menit
Sikat gigi minimal dilakukan dalam waktu dua hingga tiga menit agar mulut bersih secara maksimal. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama karena hal yang paling penting adalah tekniknya. Pastikan seluruh permukaan telah tersikat dengan gerakan mekanis yang baik. Pastikan kekuatan saat menyapu sikat ke gigi dilakukan dengan tekanan yang pas, tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan.

Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus
Jika gigi Anda terasa ngilu saat mengonsumsi makanan dan minuman panas ataupun dingin, lebih baik Anda memilih sikat yang bukunya halus. Dengan bulu sikat yang halus, sikat gigi mampu membersihkan sela-sela gigi tanpa melukai gusi. Pilih juga bentuknya yang mengecil ke atas agar bisa menjangkau gigi dalam.

Gunakan pasta gigi dengan Hydroxyapatite
Jangan meremehkan penggunaan pasta gigi yakni dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung Hydroxyapatite. Selain Fluoride, bahan aktif Hydroxyapatite juga penting bagi pasta gigi karena Hydroxyapatite merupakan komponen mineral utama yang dapat membentuk dentin dan email gigi.

Demikian artikel ini dipublish, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar