Masalah Speaker Aktif tidak Menyala, Begini Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki Speaker Aktif Mati Total - Speaker aktif Saat ini sudah umum kita temukan dipasaran dimana menggunakan rangkaian amplifier dengan sistem OCL (Output Capasitor Less), dimana sistem OCL ini memiliki keunggulan respon frekuensi yang lebih baik dibanding dengan sistem yang menggunakan capasitor. Terlepas dari itu semua tentu dengan menggunakan sistem ini memiliki kekurangan yaitu apabila terjadi kerusakan, tegangan vcc power supply akan mengalir langsung ke speaker yang biasanya menggeluarkan bunyi denggung yang keras apabila dibiarkan terlalu lama dan fatalnya dapat menghanguskan trafo.

Namanya juga peralatan elektronik kemungkinan terjadi kerusakan sudah pasti ada, untuk itu tidak heran bila produsen peralatan elektronik hanya memberikan garansi umumnya hanya selama satu tahun artinya setelah satu tahun segala kerusakan ditanggung sendiri.

Jenis kerusakan speaker aktif yang sering di jumpai, diantaranya.
Kerusakan speaker aktif mati total
Ditandai dengan lampu indikator power tidak menyala, maka yang perlu di cek dan ditelusuri :
  • Steker dan kabel listrik kemungkinan dari kerusakan putus akibat tembaga kabel berkarat atau digigit hewan, ini berarti menandakan speaker aktif mati total. Untuk mengatasinya silahkan cek kabel AC cord menggunakan multimeter jika rusak ganti dengan yang baru.
  • Saklar power on off berkarat atau leleh akibat panas karena stop contact yang kurang bagus, jadi pastikan gunakan stop contact yang benar-benar sesuai.
  • Transformer (trafo) putus.

Kerusakan speaker aktif berdengung
Hal ini terjadi akibat beberapa hal diantaranya terjadi kerusakan pada penguat awal, driver atau penguat akhirnya (transistor) yang diakibatkan kinerja speaker yang cukup berat dan terlalu panas yang menyebabkan transistor rusak.

Selain itu suara berdengung juga dikarenakan penempatan trafo terlalu dekat dengan kit amplifier dan terjadi isolasi, untuk mengatasinya cukup dengan memindahkan trafo dan menjauhkan dari kit amplifier, suara berdengung tersebut bisa juga dari grounding atau kualitas pengkabelan kurang bagus.

Baca Juga: Cara Mengatasi Speaker Tidak Menyala/Bersuara Sebelah pada Speaker Aktif

Kerusakan speaker aktif berisik/kresek-kresek (kemresek)
Bila suara berisik terjadi disaat potensio diputar, maka kemungkinan potensio sudah mulai aus untuk mengatasinya bisa dengan cara diberi cairan khusus (cleaner) atau disebabkan komponen tersebut kendur maka kencang kan kembali potensio tersebut.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Antara Speaker Subwoofer dan Woofer

Namun bila speaker aktif berisik meski dalam kondisi diam, biasanya terdapat komponen yang kendor akibat getaran atau kaki atau pin komponen berkarat (aus) akibat lembab atau bekas gigitan tikus.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar