Memperbaiki Charger DVD Portable (GMC) Yang Tidak Mau Mengisi Daya

Sahabat blogger, kali ini kami akan berbagi pengalaman terkait dunia elektrokik. Pernahkah anda mengalami dimana charger yang pada saat dicolokkan ke perangkat apakah itu ke ponsel, laptop atau dvd portable kadang-kadang mengisi daya terkadang juga tidak.

Pengalaman ini kami alami dimana charger DVD Portable (GMC) tidak berfungsi dengan baik, yaitu terkadang mengisi namun seketika juga tidak mengisi daya padahal charger dalam posisi di colokan ke listrik. Awalnya kami berpikiran bahwa chargernya mengalami masalah, namun setelah kami ganti yang baru ternyata masalah tetap saja seperti semula.


Ujicoba pun segera dimulai dengan cara memutar-mutar (goyang-goyang) colokan yang menempel pada DVD portable, hasilnya pun ada membuahkan hasil yaitu daya pun mau tersimpan, namun beberapa menit kemudian masalah awal kembali lagi tiba-tiba hubungan daya pun terputus.

Tanpa berpanjang lebar, kami putuskan untuk membuka DVD portable tersebut untuk melihat isi didalamnya apa yang sebenarnya penyebab charger DVD portable tidak berfungsi dengan baik. Untuk melakukannya cukup lepas semua skrup yang berada pada bagian bawah dvd. Lalu buka kisi-kisinya secara perlahan-lahan, bila sudah dapat terbuka lepaskan kabel-kabel yang masih terpasang agar box dvd bagian atas dan bawah bisa dilepas dan dipisahkan.

Nah, setelah semua itu dilakukan berikutnya kami amati motherboard dvd portable. Dan akhirnya kami temui masalah pokoknya, ternyata socket yang menuju ke baterai isi dayanya sudah berkarat dan nyaris terputus salah satu pin-nya. Terlihat pada gambar dibawah ini..


Proses selanjutnya yang kami lakukan adalah dengan melepas socket tersebut, dengan mengganti 3 (tiga) buah kawat pin tersebut dengan yang baru. Kawat pin yang kami gunakan adalah kawat pin lampu led saja. Cukup potong dengan menyesuaikan panjangnya, lalu pasang ke socket tersebut berikutnya menyolder kembali ke motherboard.

Sebelum dipasang kembali kami pun mencobanya terlebih dahulu apakah dengan mengganti socket, charger dvd dapat berfungsi dengan baik dan kembali normal. Dan benar saja, charger dvd portable pun kini sudah berfungsi dengan normal. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini, lampu led telah menyala secara normal dan tidak berkedip-kedip (yang menandakan terkadang mengisi daya terkadang tidak).


Demikian artikel ini kami publish dengan harapan apabila sobat blogger mengalami masalah yang sama, jangan buru-buru dulu untuk membeli charger baru namun alangkah baiknya untuk mengetahui dulu dimana letak masalahnya.

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar