Tips Mudah Memilih Tabung Gas Elpiji yang Bagus

Pada artikel kali ini kami mengajak anda untuk mengetahui bagaimana caranya memilih Tabung Gas LPG yang baik. Ini sangat penting bila anda akan membeli tabung gas elpiji apakah yang ukuran 3kg ataupun 12kg. Karena jangan sampai anda mengalami kasus dimana dalam pemakaian yang normal seperti biasanya namun belum sampai seminggu gas melon 3 kg Anda sudah habis, padahal biasanya bisa tahan sampai lebih dari seminggu.

Di lain kasus, pada awal-awal peluncurnya dulu yaitu maraknya kecelakaan yang disebabkan oleh ledakan tabung gas 3 kg telah banyak merenggut korban jiwa. Tentu hal ini tidak kita inginkan bersama dan jangan terjadi kepada kita semuanya. Nah, bagi anda yang sehari-hari menggunakan tabung gas 3 kg, tentu beberapa tips perlu dicoba ketika anda membeli tabung gas 3 kg agar tabung gas yang kita beli benar-benar dalam kondisi baik.

Baiklah.. berikut ini adalah Tips dalam memilih Tabung Gas yang kita beli  :
  1. Pilihlah Tabung Gas yang segelnya masih utuh (pastikan tidak cacat atau ada bekas dibuka) dan pastikan tersedia inner seal pada valve serta yang lebih penting adalah pastikan bahwa rubber seal dalam keadaan baik. Karena bila rubber seal tidak baik maka akan terjadi kebocoran dalam pemasangan ke selang pada regulator gas nantinya.
  2. Pilihlah Tabung Gas yang masih bagus bentuk fisiknya, jangan pilih yang penyok. Pastikan tidak ada kebocoran pada body tabung, sambungan tabung dan valve, serta sambungan tabung dan regulator.
  3. Agar lebih yakin dengan berat tabung gas yang dibeli mintalah kepada penjual untuk menimbang berat dari Tabung Gas tersebut apakah pas beratnya atau berkurang. Sebagai ukuran berat tabung gas 3kg adalah 8kg dimana berat tersebut (8kg) adalah jumlah berat tabung kosong 5kg ditambah tabung berisi 3kg. Sementara itu untuk tabung gas ukuran 12kg adalah seberat 27kg, dimana berat tabung dalam keadaan kosong adalah seberat 15kg. Namun bila ingin lebih yakin lihatlah berat tabung dalam keadaan kosong yang tertulis pada tabung tersebut, berikutnya tinggal dijumlahkan saja sesuai berat tabung gas yang dibeli.

Untuk garis besarnya, apabila ingin mengetahui Tabung Gas yang direkomendasikan (SNI) adalah sebagai berikut:
  • Penampilan visual seecara umum harus tampak mulus dan tidak mengalami kerusakan/penyok.
  • Pemasangan valve, sisa ulir yang tampak adalah 3-5 ulir
  • Rigi-rigi (bentuk permukaan) hasil las baik (harus halus dan mulus).
  • Mutu pengelasan baik (tidak terdapat cacat, undercut, pin hole atau retak)
  • Mutu penandaan tabung baik:

Terakhir dalam hal pemasangan ke selang pada regulator gas, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka gunakanlah produk selang dan regulator yang telah memenuhi SNI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar