Inilah Tips Aman Memasang Tabung Gas Yang Benar

Kita sepakat bahwa "jatung" dari kompor gas adalah Tabung gas. Karen tanpa adanya tabung gas sudah barang tentu kompor tidak akan dapat menyala dan dipakai untuk memasak. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membeli kompor gas tentu juga harus memiliki tabung gas.

Namun sebelum menggunakannya ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara memasang atau melepas regulator gas ke tabung gas.

Karena ketika kita memasang tabung gas elpiji ambil contoh saja tabung gas 3 kg terkadang sering terjadi masalah yang tidak pernah kita duga, diantaranya ketika selang regulator sudah terpasang ternyata kompor gas tidak mau menyala. Ini bisa saja dikarenaka pemasangan yang tidak tetap atau terjadinya kebocoran.

Artikel terkait: Cara Mudah dan Cepat Memperbaiki Kompor Gas

Terlihat secara pintas memang sepertinya cukup mudah cara pemasangannya, namun sebetulnya bila kita tidak terlalu paham yang terjadi adalah apa yang kami sampai diatas. Sebenarnya cara memasang tabung Gas harus benar anda perhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, pada artikel kali ini kami sedikit membantu anda Cara Memasang Tabung Gas Yang Benar dan Aman. Sehingga bila anda ikuti step-step yang diberikan maka diharapkan anda mampu memasangnya dengan benar dan aman.

Berikut cara dan tips memasang gas elpiji yang aman:

1. Sirkulasi Udara.
Pastikan dapur anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadi ledakan disaat memasang tabung gas yang diakibatkan kebocoran.

2. Memastikan Gas Tidak Bocor.
Hal yang penting lainnya adalah sebelum memasang gas elpiji adalah memastikan apakah tabung gasnya bocor atau tidak, cara untuk mengetahuinya adalah bisa langsung mencium tabung gas yang dimiliki/dibeli bila tercium bau gas maka bisa dipastikan tabung gas tersebut bocor.

3. Pastikan kompor dalam keadaan mati.
Pada saat selang regulator dipasang ke tabung gas pastikan kompor gas dalam posisi mati. Kompor yang mati akan memutuskan aliran gas dari tabung ke kompor. Lagi-lagi tindakan ini bisa meminimalisir terjadinya ledakan.

4. Periksa Rubber Seal.
Rubber seal adalah karet yang mengelilingi mulut tabung. Tabung gas yang baik akan memiliki rubber seal saat dibeli. Jadi pastikan rubber seal pada leher tabung dalam keadaan masih lentur, halus dan tidak mudah sobek serta sesuai dengan diameter leher tabung gas. Dan pastikan rubber seal terpasang dengan baik, karena fungsi dari rubber seal adalah untuk menahan tekanan jarum pada regulator.

5. Gunakan Regulater yang Bagus.
Banyak regulator dijual dipasaran pastikan kualitasnya terbaik dan sudah barang tentu harga menentukan kualitas dan salah satu merek regulator yang banyak digunakan adalah merk quantum.

6. Periksa Regulator Berbunyi atau Tidak. >
Jika sudah memasang regulator, coba anda perhatikan apakah ada bunyi mendesis yang terdengar? Apabila terdengar bunyi mendesis setelah memasang regulator, jangan keburu khawatir dan shock ya. Langsung lepas regulator dan gantilah rubber sealnya dengan yang lain. Ada bisa memanfaatkan rubber seal dari tabung gas yang lama apabila masih layak digunakan atau membeli yang baru.

Tetapi, bila tidak terdengar apa-apa, anda bisa langsung mencoba kembali menyalakan dan menggunakan kompor gas.

7. Gunakan Tabung Gas anda berlogo SNI.
Terakhir, Selalu gunakan peralatan LPG yang sesuai dengan standar SNI (ada logo bertuliskan “SNI” di kemasan) untuk tabung, kompor, regulator dan selang.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar