Kuliner: Nasi Kuning Dengan Iwak Haruan

Artikel ini kami publish untuk menjelaskan keingintahuan beberapa teman-teman blogger akan apa itu Iwak Haruan. Bila anda berasal dari kalimantan khususnya kalimantan timur atau kalimantan selatan, maka anda akan sangat mengenal apa itu iwak haruan. Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan, kocolan, bogo, bayong, bogo, licingan, kutuk, kabos dan lain-lain dengan Nama ilmiahnya adalah Channa striata.-- wikipedia

Setelah mengetahui apa itu iwak haruan, maka bisa disimpulkan bahwa judul diatas tadi dimaksudkan adalah Nasi kuning yang menggunakan lauk ikan haruan/gabus.

Nasi Kuning Samarinda via tribunkaltim.co

Bila anda berkunjung ke kota samarinda makanan khas nasi kuning dengan lauk ikan haruan ini sangat mudah ditemui, sampai-sampai disalah satu jalan sebut saja di jalan Lambung Mangkurat terdapat sebuah tempat kuliner yang dikenal dengan sebutan “Kampoeng Nasi Kuning”, yang bukanya dari pagi hari hingga malam hari.

Dimana dtempat ini anda akan menjumpai banyak sekali warung berjejer di sepanjang jalan yang menjual nasi kuning yang gurih dan lauknya menggunakan ikan Haruan dimana lauknya dimasak yang dikenal dengan bumbu merah (bumbu "Habang") yang merupakan resep bumbu khas masakan suku Banjar.

Kami yakin bila anda pernah merasakan nasi kuning dengan lauk ikan haruan pasti akan merasa ketagihan, karena sudah banyak yang mengakui akan kelezatan nasi kuning khas Samarinda ini dimana memiliki cita rasa yang unik sehingga menjadi masakan populer.

Khasiat Iwak Haruan Bagi Kesehatan
Berbicara khasiat yang terdapat pada ikan gabus, seperti yang kami kutip dari situs mongabay.co.id:

"Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicoba untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus hingga pengobatan pasca operasi".

Nah, bagi Anda yang dalam waktu dekat berkeinginan untuk ber wisata ke kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, jangan lupa mampir dulu ke Kampoeng Nasi Kuning untuk menyantap kuliner khas Samarinda ini.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar