Tips Agar Anak Tahan Puasa Sehari Penuh

Anak Tahan Puasa - Bagi kita orang dewasa dalam menjalankan puasa tidaklah begitu berat, namun lain halnya bagi anak-anak sangat berat untuk melaksanakannya. Bagi anak-anak yang melakukan puasa, kita sebagai orangtua perlu memastikan anak-anak tetap sehat dan bugar selama sebulan penuh.

Dengan harapan anak dapat bertahan saat puasa, tak jarang orangtua memberi makan sebanyak mungkin pada anak saat berbuka dan sahur.


Dibawah ini sedikit tips agar anak tahan puasa sehari penuh.

1. Porsi Makanan.
Jangan biarkan anak makan terlalu banyak, Namun penting menjaga agar anak makan diet bergizi baik dan terhidrasi selama berpuasa, karena anak terlalu banyak makanan malah berakibat buruk.

2. Minumam Manis.
Segelas susu hangat dengan beberapa kudapan manis seperti kurma adalah menu berbuka puasa yang baik. Kemudian, dilanjutkan dengan makan nasi atau roti dengan lauk pauk, dua porsi sayuran, buah dan penutup selang 30 menit hingga satu jam.

Hindari makanan manis terlalu banyak karena cenderung membuat haus. Pastikan anak-anak minum banyak air sehingga mereka dapat berpuasa sepanjang hari.

Untuk menu sahur, dianjurkan untuk memulai dengan sereal diikuti susu dan makanan lain untuk melengkapi diet. Hindari makanan kaya lemak saat sahur karena anak akan cepat haus dan mengantuk.

3. Aktivitas.
Agar anak tetap bugar dan bisa beraktivitas meski dalam keadaan berpuasa, orangtua hendaknya memperhatikan jenis kegiatan anak-anak mereka. Di siang hari, hindari berada di terik matahari dan usahakan agar anak tidur siang.

4. Ibadah.
Dengan melaksanakan ibadah puasa jangan meninggalkan ibadah yang lain. Laksanakan ibadah sholat lima waktu dan perbanyak membaca Al-Qur'an maka hati akan tenang dan waktu berbuka puasa pun terasa semakin dekat.

Demikian tips singkat bagaimana caranya agar anak tahan puasa sehari penuh. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar