Inilah Tips Supaya Anda Bisa Lolos Test CPNS 2018

Sebentar lagi lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan segera dibuka yang rencana pembukaannya dilakukan Agustus ini.

Ini diperkuat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memang berencana mengumumkan pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada bulan ini.



Lantas, apa persyaratan serta dokumen yang perlu disiapkan dalam pembukaan lowongan CPNS di 2018 ini?

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk bisa mengikuti seleksi CPNS nantinya.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan tips berikut:

Persyaratan administratif.
Hal yang paling mendasar dari pelamar yang ingin mengikuti test CPNS adalah memperhatikan tentang persyaratan, terutama persyaratan administratif.

Karena ada saja kasus peserta CPNS gagal yang hanya bermasalah dikelengkapan persyaratan administrasi, maka dari itu harus dicek betul-betul persyaratannya  sebelum melamar.

Lantas, apa persyaratan serta dokumen yang perlu disiapkan dalam pembukaan lowongan CPNS di 2018 ini? Inilah dia Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Daftar CPNS 2018.

Untuk dokumen administrasi yang perlu disiapkan pelamar CPNS 2018 tenaga profesional sebagai berikut:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
  4. Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar - latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan DIII dan SMA/sederajat:
  1. Materai Rp 6.000
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi ijazah/STTB
  4. Fotokopi ijazah SD
  5. Fotokopi ijazah SLTP
  6. Fotokopi ijazah SLTA

Mengikuti Bimbel Khusus.
Tips berikutnya selain kelengkapan administrasi diatas adalah kesiapan peserta dalam mengikuti tes juga perlu diperhatikan. Salah satunya dengan mengikuti bimbel khusus CPNS. Saat ini banyak sekali jasa bimbel untuk CPNS, misalnya Akses CPNS.

Tujuan dengan mengikut bimbel ini, maka sebagai calon peserta CPNS anda bisa mengetahui kemampuan, dan peluang yang dimilikinya sehingga anda bisa mengetahui formasi apa yang cocok untuk anda.

Dengan kata lain bimbel ini bisa dijadikan tolak ukur untuk mengetahui kemampuan sendiri, yang dikombinasikan dengan formasinya (CPNS yang dibuka) apa saja, jumlahnya berapa sehingga bisa membantu dalam memilih formasi untuk peluang bisa lulus.

Hati-hati Banyak Lowongan CPNS Hoax
Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta kepada masyarakat untuk lebih cermat menanggapi informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Karena seleksi CPNS tahun ini pemerintah akan melakukan dengan sistem yang terintegrasi. Contohnya dalam tahap pendaftaran hanya satu pintu melalui situs sscn.bkn.go.id. apakah daerah atau pusat semua mekanisme online pendaftarannya melalui sscn.bkn.go.id.

Untuk seleksi kompetensi bidang (SKB) juga di bawah koordinasi BKN. Minimal di setiap provinsi ada 1 lokasi tes. Jadi daerah nanti diharapkan untuk mengumpulkan soal untuk SKB, itu ke BKN. Karena tes SKB-nya juga pakai CAT. Basisnya pakai CAT BKN.

Jadi jangan percaya Hoax! terkait penerimaan test CPNS sebelum ada info langsung dari Kementerian PAN-RB.

Related Posts:

Iwak Haruan itu di ambil dari Bahasa Banjar yang kalau diartikan ke dalam bahasa yang lebih umum adalah Ikan Gabus.

Comment Policy:
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar